Istilah dalam Dota 2

Kebanyakan game bergenre MOBA memiliki mekanik permainan yang cukup rumit, tak terkecuali Dota 2. Mekanik yang cukup rumit tersebut biasanya membuahkan istilah-istilah yang digunakan demi memudahkan proses dengan sesama anggota tim di dalam permainan. Jika kamu tergolong baru bermain Dota 2, istilah berikut wajib kamu pahami!


Area Penting dalam Map Dota 2 (Lane, Top, Bot, Mid, Jungle, Rune/PU)

 
Sumber:Steamcommumity

Awal bermain mungkin kamu akan bingung mendengar teman-temanmu mengatakan rangkaian kata-kata tersebut. Istilah-istilah tersebut digunakan untuk menyebut suatu area dalam map Dota 2. Lane adalah jalur panjang yang dilalui oleh pasukan-pasukan yang dibuat secara otomatis oleh sistem.Lane terbagi ke dalam 3 Jalur, yaitu Top alias jalur atas, Bot, alias jalur bawah, dan Mid, alias jalur tengah. Di antara masing-masing jalur tersebut terdapat area netral yang biasa disebut sebagai Jungle. Terakhir ada istilah Rune atau PU, adalah power up yang memberimu kekuatan tertentu. Rune atau PU muncul di sungai antara lane mid dengan top dan lane mid dengan bot setiap dua menit sekali.

Istilah-istilah Unit Selain Hero dalam Dota 2 (Creep, Cart, Mega/Mega Creep, Neutral, Small Camp, Medium Camp, Large Camp, Ancient Camp, Roshan, Aegis)

Jajaran istilah berikut merupakan sebuah istilah yang digunakan para pemain untuk menjelaskan unit-unit pasukan dalam Dota 2 selain Hero yang dikendalikan pemain. Creep adalah unit-unit pasukan yang muncul secara otomatis setiap 30 detik di setiap Lane dengan komposisi 3 creep serangan jarak dekat dan 1 creep serangan jarak jauh. Cart adalah creep yang berbentuk seperti gerobak dengan daya serang lebih kuat terhadap bangunan. 

Sementara Mega Creep adalah creep super yang lebih kuat dari creep biasanya. Ia baru muncul setelah kamu menghancurkan Barrack musuh. Neutral adalah istilah yang disebut untuk unit creep selain milik kubu Radiant atau Dire. Mereka muncul setiap satu menit sekali pada camp yang berada di Jungle. Ada tiga jenis creep neutral berdasarkan tingkat kekuatannya dan hadiah uang juga Experience yang diberikan. 

Small Camp adalah istilah untuk menyebut tempat kemunculan atau spawn creep neutral berkekuatan terendah dengan hadiah Gold dan Experience yang juga rendah, dilanjutkan dengan Medium Camp yang lebih kuat, Large Camp, dan Ancient Camp yang adalah neutral creep paling kuat di area jungle. Unit netral terakhir bernama Roshan, ia adalah unit netral terkuat yang memberi hadiah uang dan experience yang besar untuk seluruh tim. Roshan juga menjatuhkan Aegis, sebuah item yang memberikan nyawa kedua pada pemegangnya.

Bangunan-Bangunan Objektif di dalam Dota 2 (Tower, Tier, Melee Barrack/rax, Ranged Barrack/Rax Ancient)




Selain unit-unit pasukan ada juga unit-unit bangunan di dalam Dota 2. Unit bangunan ini adalah objektif atau tujuan inti dari permainan Dota 2. Tower adalah bangunan menjulang tinggi yang menyerang siapapun yang mendekatinya. Bangunan tersebut bisa dibilang bangunan kunci pertama untuk dihancurkan. Pertahanan bangunan terdiri dari beberapa lapisan yang biasa disebut sebagai Tier.
Tier 1 atau Tier 1 Tower adalah istilah untuk menyebut tower pertahanan bagian terluar yang berada di setiap Lane. Dilanjutkan tengan Tier 2 Tower, lalu Tier 3 Tower yang dibelakangnya terdapat sebuah Barrack atau Rax. Barrack atau rax adalah bangunan objektif kedua yang terbagi jadi dua jenis. Melee Rax berada di sisi kanan belakang dari Tier 3 Tower. Menghancurkannya akan membuat tim mu memunculkan Mega Creep serangan jarak dekat. Ranged Rax berada di sisi kiri belakang dari Tier 3 Tower. Menghancurkannya akan membuat tim mu memunculkan Mega Creep serangan jarak jauh.
Di belakang Tier 3 Tower ada Tier 4 Tower, adalah tower terdalam yang melindungi Ancient. Ancient adalah bangunan kunci utama di Dalam Dota 2. Menghancurkan Ancient akan membuat tim mu memenangkan sebuah pertandingan game Dota 2.

Taktik-Taktik dalam Dota 2 (Farm, Core Item, Roam, Harass, Gank, Last Hit/LH, Miss)

Istilah-istlah tak hanya muncul untuk menjelaskan unit bangunan atau unit pasukan saja, istilah juga digunakan untuk menjelaskan taktik-taktik dasar dalam Dota 2. Farm atau Farming adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan taktik membunuh creep untuk sejumlah gold dan experience tertentu. Farm biasanya dilakukan untuk mendapatkan Core Item, alias item penting yang menambah nilai fungsi sebuah hero. Contoh Core Item seperti, Blink Dagger pada hero Axe atau Shadow Blade pada hero Slark.

Roam adalah istilah yang diberikan hero yang berkeliling dari lane satu ke lane lainnya. Taktik ini digunakan untuk menekan hero-hero musuh di berbagai lane, sehingga hero musuh jadi tambah sulit untuk farming. Harass adalah istilah yang diberikan kepada taktik mencicil mengurangi HP musuh. Harass bisa dilakukan dengan pukulan biasa atau menggunakan skill. 

Last Hit adalah istilah untuk menjelaskan taktik memukul creep hanya ketika ia akan mati saja. Guna Last Hit adalah agar proses farming jadi lebih efektif. Istilah terakhir dan yang terpenting adalah Miss. Istilah ini digunakan untuk memberi tahu kawan satu tim bahwa musuh yang ada di dalam Lanenya telah menghilang untuk beberapa saat. Istilah Miss biasanya disertai dengan posisi lane, seperti Missing Bottom, Missing Top, atau Missing Middle.

0 Response to "Istilah dalam Dota 2"

Post a Comment